Selambatnya Oktober Ini Fraksi di DPRD Medan Terbentuk


Detik86 news com, Medan - Selambatnya akhir Oktober ini fraksi di DPRD Medan akan terbentuk. Mengingat, sebahagian partai politik sudah memasukan surat komposisi personalia fraksi ke Sekretariat Dewan.

Hal ini disampaikan Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Wong Chun Sen, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Medan, Senin (14/10/2024).

Wong mengatakan, kemungkinan akan ada 9 fraksi di DPRD Kota Medan, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi NasDem, Fraksi Demokrat, Fraksi PSI, Fraksi Hanura-PKB, Fraksi PAN-Perindo. “Kita sudah dua kali mengirimkan surat, agar partai-partai segera mengirimkan nama-nama komposisi personalia ke Sekretariat,” katanya.

Sejauh ini, sebut Wong, komposisi personalia fraksi yang masuk ke Sekretariat adalah Fraksi PKS, Fraksi PAN-Perindo, Fraksi Hanura-PKB, Fraksi PSI dan Fraksi Demokrat. “Bahkan, Fraksi PKS sudah lengkap dengan unsur pimpinan di DPRD Kota Medan. Kemungkinan segera menyusul Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi NasDem, Fraksi PDI Perjuangan. Kita upayakan, paling lambat atau satu bulan ini fraksi-fraksi sudah terbentuk,” sebutnya.

Setelah fraksi-fraksi terbentuk, tambah legislator dari Dapil III meliputi Kecamatan Medan Deli, Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung itu, selanjutnya DPRD Kota Medan akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) atau tim penyusunan Tata Tertib (Tatib).

“Setelah fraksi-fraksi terbentuk, kita akan minta fraksi untuk mengirimkan nama-nama anggota fraksi untuk dimasukkan ke dalam Pokja atau Tim Penyusunan Tatib. Nantinya, tim bekerja untuk membentuk atau menyempurnakan Tatib,” ungkap politisi PDI Perjuangan itu.

Disinggung nama-nama untuk unsur pimpinan, Wong, mengatakan baru PKS yang sudah lengkap mengirimkan nama-nama komposisi personalia fraksi bersama unsur pimpinan DPRD Kota Medan. “Baru PKS yang sudah lengkap fraksinya, baik untuk unsur pimpinan maupun Ketua Fraksi-nya,” sebutnya. (BR)

Posting Komentar

0 Komentar